ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING KELAS VII DI SMP NEGERI 1 AIR PUTIH
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan mode brain based learning pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Air Putih. Subjek dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas VII – 1 sebagai subjek dalam penelitian ini. Instrumen pada penelitian ini menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Subjek wawancara dipilih sebanyak 5 siswa, yaitu sebanyak 1 siswa yang berkemampuan sangat baik, sebanyak 1 siswa yang memiliki kemampuan baik, sebanyak 1 siswa yang memiliki kemampuan cukup, sebanyak 1 siswa yang memiliki kemampuan kurang, dan sebanyak 1 siswa yang memiliki kemampuan sangat kurang. Dari hasil data penelitian tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diperoleh sebanyak 8 (25%) siswa yang berkemampuan sangat baik, 13 (40,6%) siswa berkemampuan baik, sebanyak 8 (25%) siswa yang berkemampuan cukup, sebanyak 2 (6,25%) siswa yang berkemampuan kurang, dan sebanyak 1 (3,12%) siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah berkemampuan sangat kurang. Rata – rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis kelas VII – 1 adalah 74,06% hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki siswa kelas VII-1 adalah tergolong baik.