PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X MAS AL-WASHLIYAH MARBAU TAHUN AJARAN 2021/2022
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest only control desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAS Al-Washliyah Marbau. Dua kelas dipilih secara acak untuk dijadikan sampel penelitian. Kelas X-A terpilih sebagai kelas eskperimen yang belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write berbantuan video pembelajaran sedangkan kelas X-B belajar dengan menerapkan model konvensional. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Liliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh data kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari analisis data posttest kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan uji-t pada taraf α=0,05 diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 2,173>1,667, sehingga H_o ditolak dan H_a diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berbantuan video pembelajaran lebih tinggi dari rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berbantuan video pembelajaran terhadap komunikasi matematis siswa. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan melihat hasil rata-rata N-Gain yaitu 0,4 kategori sedang. Proses penerapan model pembelajaran think-talk-write berbantuan video pembelajaran terhadap komunikasi matematis siswa dapat dilihat melalui indikator kemampuan komunikasi yaitu aspek representasi memperoleh nilai rata-rata tertinggi bila dibandingkan dengan aspek lainnya yaitu 77,3 untuk kelas eksperimen dan 70 untuk kelas kontrol.