Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Model Pembelajaran Make A Match pada Mata Pelajaran Kearsipan di SMK Negeri 1 Medan T.A 2020/2021.Populasi penelitian ini adalah Siswa/I kelas X OTKP 2,3 dan 4 dengan jumlah sampel 51 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan penyebaran angket secara Online melalui Google Form dan dokumentasi. Pengujian ini menggunakan uji instrument berupa uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan kepada 30 responden. Uji Validitas pada angket variabel X1 Terdapat 3 Angket yang tidak valid sehingga yang digunakan adalah 17 item angket yang valid. Pada uji validitas angket variabel X2, 20 item angket yang di uji didapat hasil bahwa keseluruhan angket tersebut dinyatakan valid.Pada Hasil uji reliabilitas angket Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) yaitu 0,907 > 0,482 dang angket Model Pembelajaran Make A Match 0,607 > 0,444. Hasil Uji Asumsi klasik diperoleh normalitas sebesar 0,200 > 0,05, uji linearitas Model Pembelajaran Numbered Head Together terhadap Hasil Belajar (NHT) sebesar 0,105 > 0,05 dan Model Pembelajaran Make A Match diperoleh 0,883 > 0,05. Sedangkan Uji Multikolinearitas diperoleh nilai tolerance sebesar 0,223 > 10 dan VIF sebesar 4.490 > 10. Dari hasil analisis data dengan menggunakan analisis regresi liniear berganda diperoleh persamaan Y = 10,022 + 0,452 X1 + 0,584 X2, pengujian uji-t pada variabel (X1) diperoleh thitung > ttabel = (7,018 > 2,011) dan variabel (X2) diperoleh thitung > ttabel = (7,844 > 2,011). Selanjutnya pengujian determinasi R2 sebesar 0,749 yang berarti variabel Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Model Pembelajaran Make A Match berpengaruh 74,9 % terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa 1) Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) memiliki pengaruh secara Positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan di SMK Negeri 1 Medan 2) Model Pembelajaran Make A Match memiliki pengaruh secara Positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata Pelajaran Kearsipan di SMK Negeri 1 Medan.