Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Kearsipan siswa melalui penerapan model pembelajaran Explicit Instructiondan Direct Instruction.Metode penelitian menggunakan metode Library Research.Penelitian ini adalah kepustakaan atau Library Research adalah salah satu jenis metode penelitian kualitatif.Tujuan dari metode kualitatif adalah untuk memahami objek yang diteliti lebih mendalam.Penelitian yang digunakan yaitu Library Research bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis mengenai hasil belajar kearsipan siswa melalui model pembelajaran Explicit Instructiondan Direct Instruction. Penelitian ini disajikan untuk membahas tentang hasil belajar siswa, model pembelajaran Explicit Instruction, Direct Instruction dan hasil analisis hasil belajar yang dikutip dari jurnal-jurnal DOAJ (Directory of Open Access Journals), Science and Technology Indeks (SINTA), Scopus dan Garba Rujukan Digital (GARUDA)yang bisa digunakan sebagai referensi dalam menganalisis hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran Explicit Instructiondan Direct Instruction. Instrumen penelitian ini adalah NVIVO 12. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan serta pengaruh yang diberikanmodel pembelajaran Explicit Instructiondan Direct Instruction terhadap hasil belajar.Peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya model pembelajaran pembelajaran Explicit Instruction dan Direct Instruction menjadi lebih baik karena kedua model ini membantu siswa untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa.