Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kerja paruh waktu terhadap aktivitas belajar dan indeks prestasi mahasiswa. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Stambuk 2017 dengan jumlah sampel 30 orang mahasiswa tingkat akhir yang kuliah sambil bekerja paruh waktu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket. Dari hasil analisis data dengan analisis regresi linear sederhana dari variabel X dengan Y1 pada mahasiswa diperoleh persamaan Y = 30,501 + 0,759 X dan dari variabel X dengan Y2 pada mahasiswa diperoleh persamaan Y = 87,241 + 0,715 X, uji-t pada variabel X dengan Y1 diperoleh thitung > ttabel = 5,464 > 1,701 dan variabel X dengan Y2 diperoleh thitung > ttabel = 9,950 > 1,701. Selanjutnya koefisien determinasi dari variabel X dengan Y1 diperoleh R square sebesar 0,654 yang berarti Kerja Paruh Waktu berpengaruh 65,4% terhadap Aktivitas Belajar dan koefisien determinasi dari variabel X dengan Y2 diperoleh R square sebesar 0,594 yang berarti Kerja Paruh Waktu berpengaruh 59,4% terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa Kerja Paruh Waktu memiliki pengaruh positif terhadap Aktivitas Belajar dan Kerja Paruh Waktu memiliki pengaruh positif terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran stambuk 2017 Universitas Negeri Medan.