Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan perbandingan hasil belajar peserta didik dalam menggambar perspektif menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya dan konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karya peserta didik kelas X IPA (3 kelas) dan peserta didik kelas X IPS (3 kelas) yang memperoleh nilai dibawah KKM (75) dengan jumlah 36 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh (sensus), diperoleh sampel penelitian yaitu sebanyak 36 peserta didik atau 72 karya. Pada sampel ini diberi dua tahap tindakan yaitu pengambilan sampel awal dengan proses belajar-mengajar menggunakan metode pembelajaran konvensional. Kemudian setelah itu dilakukan pengambilan sampel yang kedua dengan proses belajar mengajar menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode dokumentasi, observasi dan tes. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu (Quasi-Eksperimen Design). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai tes pertama sebesar 71,43 dan nilai tes kedua 82,74. Hasil uji perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata nilai kedua lebih baik dari pada nilai pertama. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan signifikansi α = 0,5 dengan dk 70 didapat ttabel = 1,6669. Jadi hasil uji hipotesis diperoleh thitung 5,52 > ttabel 1,6669. Jadi Ha diterima sekaligus ditolak Ho kemudian kesimpulannya adalah terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil karya menggambar perspektif dengan metode pembelajaran tutor sebaya peserta didik SMA Negeri 1 Sei Bingai.