Implementasi Audio Visual Tari Hitam Manis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Apresiasi Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 09 Labuhanbatu Utara
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi audio visual tari hitam manis dan mengetahui bagaimana hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 09 Labuhan Batuutara. Penelitian ini menggunakan Penelitian ku antitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 09 Labuhanbatu Utara dan sampel dalam penelitian ini terdiri 1 kelas yaitu di kelas X MIPA SMA Muhammadiyah 09 Labuhan batu Utara.Objek penelitian ini adalah gerak Tari Hitam Manis yang diterapkan dengan menggunakan audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa. data yang digunakan adalah lembar pengamatan guru dan siswa sebelum dan sesudah implementasi audio visual tari hitam manis dan tes yang dilakukan sebelum di implementasikan dan sesudah di implementasi audio visual tari Hitam Manis sebanyak 20 soal pilihan berganda untuk mengetahui implementasi audio visual tari hitam manis dan hasil belajar siswa. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas tes dengan menggunakan uji Kolmogorov Smirnov. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil pretest dan postest tari hitam manis yaitu pretest dengan rata-rata 44 dan postest dengan nilai rata-rata 74,94. Untuk uji hipotesis digunakan uji t, dari hasil perhitungan diperoleh 10,829 hitung t dan 2,0930108 tabel t . Dimana Thitung > Ttabel maka Ho ditolak dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan antara nilai posttest kelas X SMA Muhammadiyah 09 Labuhan Batu Utara yang telah diberikan perlakuan metode pembelajaran audio visual dan keadaan awal (pretest) sebelum mendapatkan perlakuan metode pembelajaran audio visual pada kelas yang sama.