PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK PAB 2 HELVETIA MEDAN T.A 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Digital Dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI Adminstrasi Perkantoran SMK PAB 2 Helvetia Medan T.A 2020/2021.” Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) PAB 2 Medan Helvetia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP yang berjumlah 92 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, sehingga total sampel berjumlah 92 siswa. Teknik penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, regresi linear berganda, uji hipotesis menggunakan uji parsial (uji-t), uji hipotesis secara simultan (uji-f) dan uji determinasi (R2). Hasil regresi linear berganda Y = 52,245+ 0,214X1 + 0,229X2. Hasil uji-t variabel (X1) thitung > ttabel (6,322 > 1,662) dan variabel X2 thitung > ttabel (7,188 > 1,662) sedangkan uji-F dengan nilai fhitung > ftabel ( 179,965 > 3,10), (0,000 < 0,05). Selanjutnya koefisien determinasi diperoleh R square sebesar 0,80. Hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan media pembelajaran digital dan keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK PAB 2 Helvetia Medan T.A 2020/2021.