Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya minat menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Stambuk 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program magang dan informasi dunia kerja terhadap minat menjadi guru. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran yang berlokasi di Jalan Wiliam Iskandar Pasar V, Medan Estate, Percut Sei Tuan, Deli Serdang. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 102 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling , sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 81 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terdiri dari 21 pernyataan dengan skala likert 4 point, 13 pernyataan untuk program magang dan 8 pernyataan untuk informasi dunia kerja. Namun sebelum angket digunakan dalam penelitian angket tersebut diuji terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas dan reliabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 22. Dari hasil analisis data diketahui bahwa semua uji asumsi klasik terpenuhi sehingga pengujian hipotesis dapat dilakukan. Berdasarkan pengujian hipotesis (uji t) , terdapat pengaruh yang signifikan antara program magang (X1) terhadap minat menjadi guru dengan nilai thitung 3,366 > 1,990 ttabel dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Informasi Dunia Kerja (X2) juga berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru dengan nilai thitung 2,411 > 1,990 ttabel dan nilai signifikansi (0,018 < 0,05). Koefisien determinasi sebesar 18,8%, menunjukkan bahwa 18,8% minat menjadi guru dipengaruhi oleh program magang dan informasi dunia kerja sedangkan sisanya 81,2% , dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.