PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING, GAYA BELAJAR DAN INTERNAL LOCUS OF CONTROL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN STAMBUK 2017 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran E-learning, Gaya Belajar dan Internal Locus of Control terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Stambuk 2017 Fakultas Ekonomi Uiversitas Negeri Medan. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Medan yang beralamat Jl. Willem Iskandar Psr. V Medan Estate, Kenanga, Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Penelitian ini adalah expost facto dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Stambuk 2017 sebanyak 93 mahasiswa. Sampel penelitian ini adalah 93 mahasiswa yang diambil dengan menggunakan teknik Total Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment dan reliabilitas menggunakan rumus Croncbach Alpha. Teknik analisis data menggunakan Uji Regresi Linier Berganda, Pengujian Hipotesis Parsial (Uji-T) dan Uji Koefisien Determinasi. Kemudian data yang terkumpul diolah dengan menggunakan SPSS Versi 25. Hasil Uji-T menunjukkan Pembelajaran E-learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa dengan memperoleh nilai thitung > ttabel (2,112 > 1,987), serta nilai signifikansi < 0,05 (0,037 < 0,05). Gaya belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa dengan memperoleh nilai thitung > ttabel (2,005 > 1,987), serta nilai signifikansi < 0,05 (0,043 < 0,05). Kemudian Internal Locus of Control berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa dengan memperoleh nilai thitung > ttabel (2,017 > 1,987), serta nilai signifikansi < 0,05 (0,047 < 0,05). Selanjutnya koefisien determinasi diperoleh R square sebesar 0,666 atau 66,6% variabel X mempengaruhi variabel Y. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan adanya pengaruh positif dan signifikan Pembelajaran E-learning, Gaya Belajar dan Internal Locus of Control terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Administrasi Perkantoran Stambuk 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.