Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Badar yang terdiri dari 3 kelas pada semester genap T.A. 2020/2021. Sampel penelitian menggunakan teknik random sampling terdiri dari dua kelas yaitu VIII-C sebagai kelas eksperimen dan VIII-B sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas terdiri dari 29 siswa dan 30 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes pilihan berganda yang terdiri dari 20 soal dengan 4 pilihan jawaban untuk mengukur pemahaman konsep dan tes esai yang terdiri dari 8 soal untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah. Hipotesis penelitian ini dilakukan dengan uji manova dengan syarat normal dan homogen. Hasil analisis pretes uji manova diperoleh pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah siswa memiliki sig. 0,160 > 0,05 artinya pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah awal siswa sama. Hasil analisis postes uji manova diperoleh pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah siswa memiliki sig. 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh dari model PBL terhadap pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Hasil N-gain menunjukkan peningkatan pemahaman konsep kelas eksperimen sebesar 0,37 berada pada kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,15 berada pada kategori rendah. Hasil N-gain peningkatan keterampilan pemecahan masalah diperoleh kelas eksperimen sebesar 0,55 berada pada kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,29 berada pada kategori rendah.