Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan dan situasi yang dilakukan di SMP N 1 Kualuh Selatan, kemudian mendeskripsikan penyusunan LKPD berbasis STEM yang dikembangkan, selain itu untuk mendeskripsikan validitas LKPD berbasis STEM yang dikembangkan oleh validator ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain, serta mendeskripsikan keefektifan LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik peserta didik pada tekanan zat serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Uji coba produk meliputi uji coba kelompok terbatas dengan sampel sebanyak satu kelas, terdiri dari 24 peserta didik di SMP N 1 kualuh Selatan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi oleh ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain dan tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal untuk mengukur hasil belajar serta urian sebanyak 10 soal untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif pada materi tekanan zat dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: dari hasil analisi kebutuhan dan situasi yang dilakukan di SMP N 1 Kualuh Selatan diketahui bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru belum mencipta pembelajaran student center, serta belum memiliki bahan yang yang bervariasi dan belum sepenuhnya menggunakan LKPD pada saat pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik rendah. LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik disusun dengan mengangkat masalah autentik dikehidupan sehari-hari yang diimplentasikan dengan mengintegrasikan empat bidang ilmu yaitu Science, Technology, Engeneering and Mathematics serta memuat kegiatan yang disesuaikan dengan indikator kemampuan berpikir kreatif, Validitas LKPD berbasis STEM yang dikembangkan juga sangat layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik berdasarkan penilaian tiga ahli materi, tiga ahli pembelajaran, tiga ahli desain dengan skor rata-rata beruntun: 99,8%, 94,77% dan 90,64% dengan kriteria sangat layak dan LKPD berbasis pendekatan STEM yang dirancang efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dan dapat digunakan dalam pembelajaran IPA, dengan nilai hasil belajar diperoleh skor pretest sebesar 49,38 dan postest sebesar 85,21serta rata-rata N-Gain 0,70 dengan interpretasi sedang dan ketuntasan klasikal sebesar 87,5%, sedangkan pada kemampuan berpikir kreatif peserta didik diperoleh hasil rata-rata hasil pretest sebesar 49,29 dan posttes sebesar 87,41 dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,72 dengan interpretasi tinggi dan ketuntasan klasikal sebesar 91,7%.