Pengembangan Bahan Ajar Anatomi dan Fisiologi Tubuh Manusia Berbasis Literasi Sains
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui hasil validasi ahli materi terhadap buku ajar yang dikembangakan (2) Untuk mengetahui hasil validasi ahli desain layout dan desain pembelajaran terhadap buku ajar yang dikembangkan (3) Untuk mengetahui tanggapan dosen mata kuliah anatomi dan fisiologi tubuh manusia terhadap bahan ajar yang dikembangakan (4) Untuk mengetahui tanggapan mahasiswa mata kuliah anatomi dan fisiologi tubuh manusia terhadap bahan ajar yang dikembangkan (5) Untuk mengetahui efektifitas bahan ajar anatomi dan fisiologi tubuh manusia pada materi sistem regulasi terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di Program Strata Satu (S1) Universitas Negeri Medan pada bulan November 2020 sampai Juni 2021, dengan teknik analisis data deskriptif pengembangan buku ajar dilaksanakan dengan model pengembangan Thiagarajan Four-D (4-D) yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefenisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Produk yang dihasilkan merupakan bahan ajar yang digunakan mahasiswa semester VI Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan. Bahan ajar yang dinilai layak oleh tim ahli validasi. Hasil penilaian tim ahli materi menunjukkan dalam kategori sangat baik dengan rata-rata persentase 92% (sangat baik), ahli desain layout sebesar 96,42 (sangat baik), ahli desain pembelajaran sebesar 94% (sangat baik), responden dosen sebesar 94% (sangat baik), responden mahasiswa biologi sebesar 89,9%(sangat baik), uji efektivitas bahan ajar sebesar 0.59 dan nilai uji F (Fhitung= 9,856 dan FTabel = 4.05) sehingga dapat disimpulkan bahwa produk penelitian pengembangan bahan ajar anatomi dan fisiologi tubuh manusia berbasis literasi sains yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar mahasiswa atau sebagai penunjang pembelajaran pada matakuliah anatomi dan fisiologi tubuh manusia.