Pengembangan Buku Ajar Hematologi Berbasis Literasi Sains Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Biologi
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengembangan buku ajar hematologi berbasis literasi sains; (2) Mengetahui tingkat kelayakan buku ajar hematologi berbasis literasi sains menurut ahli materi; (3) Mengetahui tingkat kelayakan buku ajar hematologi berbasis literasi sains menurut ahli desain; (4) Mengetahui tanggapan buku ajar hematologi berbasis literasi sains menurut dosen matakuliah; (5) Mengetahui tanggapan buku ajar hematologi berbasis literasi sains menurut mahasiswa dan (6) Mengetahui efektivitas buku ajar hematologi yang telah memenuhi literasi sains terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif. Pengembangan buku ajar ini dilaksanakan dngan menggunakan model pengembangan Thiagarajan yaitu 4-D (Four-D Models). Instrumen penelitian berupa lembar penilaian validator ahli materi, ahli desain dan tanggapan dosen matakuliah serta tanggapan mahasiswa. Hasil penilaian kelayakan isi buku dari ahli materi termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan skor 92. Hasil penilaian kelayakan penyajian buku dari ahli desain termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan skor 95. Hasil tanggapan dosen matakuliah dan mahasiswa terhadap buku ajar hematologi mendapatkan skor 95 dan 95 dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil uji efektivitas buku ajar hematologi berbasis literasi sains termasuk dalam kategori efektif dengan persentase N-gain sebesar 81,25.