PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IIS I MAN I PADANG LAWAS TP 2021/2022
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan modul pembelajaran berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS MAN 1 Padang Lawas yang dapat mendukung pembelajaran sehingga membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadopsi model pengembangan 4D. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pemecahan masalah pada pemebelajaran ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Padang Lawas. teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Hasil penelitian ini adalah modul pembelajaran ekonomi berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan telah valid (memenuhi syarat) untuk digunakan sebagai modul pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS. Produk yang dikembangkan ditinjau dari aspek materi, desain pembelajaran dan aspek modul pembelajaran yang dilakukan oleh ahli dan respon siswa diperoleh persentase rata-rata 89% yang dapat dikategorikan “sangat layak” serta adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa saat diterapkan modul pengembangan.