Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-modul dan mengetahui kelayakan bahan ajar e-modul mata pelajaran Ekonomi dan dan keefektifannya dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI di SMA Swasta BPI Paluh Kurau. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di SMA Swasta BPI Paluh Kurau. Secara teori, banyak faktor yang mempengaruhi antara lain masih dilakukannya pengajaran denagn metode ceramah dengan menggunakan bahan ajar buku teks. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan ajar bahan ajar e-modul dengan menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang memiliki 10 tahapan. Data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa data yang ada dalam setiap tahapan model pengembangan, dan data kuantitatif berupa hasil belajar siswa. Untuk mendapatkan data hasil belajar dilakukan tes dalam bentuk pretest dan posstest. Analisis data yang digunakan adalah: (1) uji kelayakan bahan ajar e-modul dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada tim validator yang terdiri dari ahli materi, ahli desain bahan ajar e-modul, dan ahli media. Selanjutnya persentase kelayakan dihitung mengunakan teknik deskriptif persentase (Sudijono, 2009) dengan rumus jumlah skor yang diperoleh dari hasil validasi dibagi dengan jumlah skor maksimum, kemudian dikalikan seratus untuk medapatkan jumlah persentase kelayakan hasil validasi yang berjumlah 88,166%. Berdasarkan tabel kelayakan, jumlah persentase ini berada di kategori sangat layak, (2) Selanjutnya, untuk uji hipotesis, digunakan uji t dengan membandingkan hasil belajar pretest dan hasil belajar posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengembangan bahan ajar bahan ajar e-modul pembelajaran Ekonomi di SMA Swasta BPI Paluh Kurau layak untuk digunakan, (2) Penggunaan bahan ajar bahan ajar e-modul dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di SMA Swasta BPI Paluh Kurau.