Pengembangan Perangkat Berdasarkan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis, efektif yang dikembangkan berdasarkan berdasarkan pembelajaran kontekstual. (2). Menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan pembelajaran kontekstual dan (3). Menganalisis pencapaian kemandirian belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan perangkat pembelajaran kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan Four-D. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa (1). Perangkat pembelajaran berdasarkan pembelajaran kontekstual yang dikembangkan memenuhi kriteria valid (2). Perangkat pembelajaran berdasarkan pembelajaran kontekstual yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis (3). ). Perangkat pembelajaran berdasarkan pembelajaran kontekstual yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif. Kriteria efektif ditinjau dari: (a) Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal (b) Respon positif siswa (c) Kemampuan guru mengelola pembelajaran (4) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan pembelajaran kontekstual pada materi relasi dan fungsi adalah rata-rata pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada uji coba I sebesar 62,3 meningkat sebesar 22,7 menjadi 85 pada uji coba II. (5) Peningkatan kemandirian belajar siswa menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan pembelajaran kontekstual yang dikembangkan mencapai kategori sangat tinggi