Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini Adakah Literasi Keuangan dan Gaya Hidup memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh jumlah mahasiswa program Studi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 yang berjumlah 101 mahasiswa. Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportionate random sampling dengan menggunakan rumus Slovin, sampel diperoleh sebesar 81 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dan untuk membuktikan kebenaran hipotesis menggunakan rumus Uji t, Uji F dan Koefisien Determinasi (R2). Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 24 yang diperoleh persamaan analisis regresi linear berganda Y = 17,789+ 0,439X1 + 0,083X2 dengan hasil analisis Uji t untuk variabel Literasi Keuangan diperoleh nilai thitung > ttabel (5,249 > 1,664) dan taraf signifikan α = 0,000 < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama diterima yang berarti Literasi Keuangan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. Untuk variabel Gaya Hidup diperoleh thitung < ttabel (0,979 < 1,664) dan taraf signifikan α = 0,000 < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis kedua ditolak, artinya variable Gaya Hidup tidak berpengaruh terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. Dari hasil Uji F diperoleh Fhitung > F tabel (18,813 >3,11) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Literasi Keuangan (X1) dan Gaya Hidup (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa (Y). Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,325 atau 32,5% yang artinya besaran kontribusi pengaruh yang diberikan variabel Literasi Keuangan dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa sebesar 32,5%.