PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FE UNIMED ANGKATAN 2018
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah prestasi mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018 Unimed belum mencapai prestasi yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan E-Learning terhadap prestasi Belajar dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE, unimed. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi Pendidikan Ekonomi angatan 2018 Unimed yang berjumlah 101 mahasiswa dan sampel sebanyak 81 mahasiswa dengan teknik simple random sampling . teknik pengambilan data menggunakan observasi dan penyebaran angket. Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbach. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Secara langsung terdapat pengaruh signifikan Penggunaan E-Learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE Unimed. Hal ini diperoleh dari hasil perhitungan Probabilitas Sebesar 0,000 (<0,05), dengan nilai thitung sebesar 14,009 dan Secara langsung terdapat pengaruh signifikan Penggunaan E-Learning terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE Unimed Angkatan 2018. Hal ini diperoleh dari hasil perhitungan Probabilitas sebesar 0,000 (<0,05), dengan nilai thitung sebesar 8,365. Selain itu, terdapat pengaruh tidak langsung antara Penggunaan E-Learning terhadap Prestasi Belajar melalui Motivasi Belajar yaitu sebesar 0,218.