Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing, inkuiri bebas termodifikasi, dan pembelajaran langsung terhadap sikap ilmiah, kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains pada materi Sumber Energi di SD Negeri 053981 Karang Sari. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan sampel terdiri dari 3 kelas paralel. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara total sampling, dimana kelas IVA sebagai kelas eksperimen I, IVB eksperimen II, dan IVC sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat (ANACOVA) dengan bantuan aplikasi SPSS 22.00. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes berbentuk angket untuk sikap illmiah, pilihan berganda untuk tes keterampilan proses sains dan uraian untuk tes kemampuan berpikir kritis. Hasil analisis data diperoleh bahwa siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing lebih baik dari model inkuiri bebas termodifikasi dan pembelajaran langsung pada materi Sumber Energi, dimana: (1) Sikap ilmiah memiliki nilai rata-rata (mean= 89,05) dengan signifikansi 0.000 < 0.05; (2) Pada kemampuan berpikir kritis memiliki nilai rata-rata (mean= 88,81) dengan signifikansi 0.000 < 0.05; dan (3) Keterampilan proses sains memiliki nilai rata-rata (mean= 87,62) dengan signifikansi 0.000 < 0.05.