Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru bahasa dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui supervisi akademik teknik Staff Meeting di SMP PABA Binjai. Hipotesis tindakan penelitian ini adalah melalui penerapan supervisi akademik teknik Staff Meeting, kemampuan guru bahasa di SMP PABA Binjai dapat meningkat. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa sebanyak lima orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah pedoman wawancara dan lembar observasi. Untuk mengamati kegiatan supervisi akademik teknik staff meeting digunakan lembar observasi. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah yang mengacu kepada model penelitian Kemmis dan Taggart. Pelaksanaannya dirancang dalam bentuk siklus, sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru bahasa dalam menyusun RPP pada siklus I mencapai nilai rata-rata sebesar 85,43% dengan kategori Baik dan siklus II mencapai nilai rata-rata sebesar 91,85% dengan kategori Sangat Baik. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan supervisi akademik teknik staff meeting dapat meningkatkan kemampuan guru bahasa dalam mengembangkan RPP di SMP PABA Binjai