Analisis Komponen 4C (Communication, Collaborative, Critical Thiking, Creativity) dalam RPP Guru Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2020/2021
Daftar Isi:
- Komponen 4C (Communication, Collaborative, Critical Thinking, Creativity) merupakan berpikir tingkat tinggi yang sangat diperlukan dalam mempersiapkan peserta didik dalam mengahadapi tantangan global. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komponen 4C (Communication, Collaborative, Critical Thiking, Creativity) dalam RPP Guru Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2020/2021..Untuk mencapai tujuan di atas, menggunakan deskriptif. Data dan sumber data dari penelitian ini diambil dari RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) guru Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan data dan wawancara. Berdasarkan hasil dari analisis data ini menunjukkan Komponen 4c (communication, collaborative, critical thiking, creativity ) yang sesuai dengan format komponen 4c (communication, collaborative, critical thiking, creativity) sebesar 1% yang sesuai dengan format komponen 4c dan sebesar 99% yang tidak sesuai dengan format komponen 4c (communication, collaborative, critical thiking, creativity) dapat disimpulkan bahwa indicator dalam RPP Bahasa Indonesia belum sesuai.