Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Nasrani 5 Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi unsurunsur teks berita pada siswa kelas VII SMP Nasrani 5 Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Nasrani 5 Medan tahun pembelajaran 2020/2021 berjumlah 100 siswa. Untuk penelitian tersebut, diambil sample kelas VIII-C yang berjumlah 37 siswa melalui teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Intrumen penelitian yang digunakan adalah tes uraian mengidentifikasi unsur 5W+1H dan struktur teks berita pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VIII SMP Nasrani 5 Medan dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks berita memperoleh nilai rata-rata 76,35 tergolong dalam kategori baik. Berdasarkan tabel distribusi presentase nilai kemampuan mengidenifikasi unsur-unsur teks berita pada siswa kelas VIII SMP Nasrani 5 Medan tahun ajaran 2020/2021 diketahui sebanyak 13 siswa (35,13%) tergolong dalam kategori sangat baik; tidak ada siswa yang tergolong pada kategori baik; 6 siswa (16,21%) tergolong dalam kategori cukup; 3 siswa (8,12%) tergolong dalam kategori kurang dan tidak ada siswa yang tergolong pada kategori sangat kurang. Melalui penelitian ini diharapkan guru bahasa Indonesia dapat mengetahui kemampuan siswa terkhususnya dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks berita. Setelah mengetahui kemampuan siswa maka, guru dapat lebih meningkatkan efektivitas pembelajajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks berita. Kata kunci: Kemampuan mengidentifikasi, Unsur-unsur teks berita.