PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL DAN PERILAKU BELAJAR SISWA KELAS XI TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI DISMK NEGERI 1 MEDAN
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah pemahaman akuntansi di kelas XI AKL masih dikatakan rendah faktor - faktor yang menentukan pemahaman akuntansi seperti kecerdasan intelektual dan perilaku juga masih dikatakan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kecerdasan intelektual siswa terhadap pemahaman akuntansi dan pengaruh perilaku belajar siswa kelas XI terhadap pemahaman akuntansi di Smk N 1 Medan. Populasi dalam penelitian sebanyak 140 orang pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling sehingga didapatkan hasil sebanyak 103 siswa yang terdiri dari 4 kelas, jenis sumber data dengan menggunakan data primer yaitu penyebaran kuesioner kepada 103 responden. Sebelumnya dilakukan uji instrumen data yaitu uji validitas dan uji reliabilitas di Smk Swasta jambi medan. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskesdisitas. Kecerdasan intelektual diukur dengan kemampuan memecahkan masalah, kemampuan figur, kemampuan verbal dan kemampuan numerik. Perilaku belajar diukur dengan perilaku membaca buku, perilak mengikuti pelajaran, perilaku belajar di rumah dan perilaku mempersiapkan ujian. Untuk pemahaman akuntansi diukur dengan 8 pernyataan konsep mengenai akuntansi pajak, akuntansi keuangan, akuntansi lembaga dan myob. Berdasarkan pengolahan data didapatkan hasil untuk kecerdasan intelektual nilai signifikansinya 0,624 > 0,05 dan t hitung -0,492 < 1,983 dan untuk perilaku belajar nilai signifikansinya 0,000 < 0,05 dan t hitung 6,251 > 1,983 dan untuk f hitung sebesar 26,493>3,09 dan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05. Dengan hasil tersebut maka penelitian menunjukkan: perilaku belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman akuntansi, kecerdasan intelektual tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman akuntansi dan secara simultan kecerdasan intelektual dan perilaku belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman akuntansi.