PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MELALUI GAYA BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII SMK SWASTA BUDI AGUNG MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Melalui Gaya Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII SMK Swasta Budi Agung Medan. Populasi penelitian ini adalah siswa akuntansi kelas XII SMK Swasta Budi Agung Medan yang berjumlah 65 orang. Teknik total sampling atau jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner untuk variabel minat belajar, gaya belajar. dan variabel prestasi belajar. Angket tersebut terdiri dari 10 item pernyataan untuk variabel minat belajar, 10 item pernyataan untuk variabel gaya belajar dan 10 item pertanyaan untuk variabel prestasi belajar. Sebelum angket diberikan kepada sampel terlebih dahulu angket tersebut disebarkan untuk menguji validitas dan reliabilitasnya di SMK Swasta Jambi Medan. Selanjutnya dilakukan uji outer model, uji inner model, uji hipotesis pengaruh langsung, dan uji hipotesis tidak langsung dengan menggunakan program SmartPLS 3.0. Dari hasil analisis diketahui bahwa uji outer model dan uji inner model telah terpenuhi maka penelitian layak untuk dilanjutkan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa akuntansi kelas XII SMK Swasta Budi Agung Medan dengan path coefficient sebesar 0,335 dan P-Values < 0,05 yaitu 0,026 serta nilai dari T Statistic > 1,998 yaitu 2,231 (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap gaya belajar siswa akuntansi kelas XII SMK Swasta Budi Agung Medan dengan path coefficient sebesar 0,701 dan P-Value < 0,05 yaitu sebesar 0,000 serta nilai dari T Statistic > 1,998 yaitu 10,951. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa akuntansi kelas XII SMK Swasta Budi Agung Medan dengan path coefficient sebesar 0,456 dan P-Value < 0,05 yaitu sebesar 0,006. serta nilai dari T Statistic > 1,998 yaitu 2,733. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar melalui gaya belajar siswa akuntansi kelas XII SMK Swasta Budi Agung Medan dengan nilai path coefficient sebesar 0,320 dengan nilai P-Values 0,012 < 0,05 serta nilai T Statistic > 1,998 yaitu 2,527.