Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kebiasaan belajar pada siswa kelas X Jurusan akunatansi SMK Negeri 2 Balige dikarenakan rendahnya perhatian orang tua, minat belajar siswa dan motivasi belajar siswa yang kurang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap kebiasaan belajar siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 2 Balige, pengaruh minat belajar terhadap kebiasaan belajar siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 2 Balige dan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap kebiasaan belajar siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 2 Balige. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Balige. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 2 Balige yang berjumlah 107 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan Simpel Random Sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 100 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji PLS Algoritma, PLS Bootstrapping dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t. Hasil analisis yang diperoleh rata-rata direfleksikan diatas 0,5 dan indikator outer loading lebih tinggi dari 0,6. Data dari perhitungan untuk hipotesis pertama perhatian orang tua berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa diperoleh nilai p-value sebesar 0,002 sedangkan taraf nyata atau α sebesar 0,05. Selanjutnya untuk hipotesis kedua minat belajar berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa diperoleh nilai p-value sebesar 0,007 sedangkan taraf nyata atau α sebesar 0,05. Kemudian untuk hipotesis ketiga motivasi belajar berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa diperoleh nilai p-value sebesar 0,009 sedangkan taraf nyata atau α sebesar 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perhatian orang tua berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa, minat belajar berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa, dan motivasi belajar berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa.