Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis dimana masih masih ditemukan mahasiswa yang memiliki IPK dibawah 3,00 atau dengan kategori Tidak Baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh langsung pemanfaatan e-learning, lingkungan teman sebaya, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar dan pengaruh tidak langsung pemanfaatan e-learning dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan dengan populasi sebanyak 88 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Total Sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian Expost Facto dengan teknik pengumpulan data dokumentasi dan angket/kusioner. Uji instrument penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan untuk menganalisis data menggunakan uji normalitas, multikoloniaritas, uji heteroskedastisitas, dan analisis jalur (path analysis). Dari hasil penelitian, diperoleh Pemanfaatan ¬E-Learning (X1) berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y) dengan nilai thitung sebesar 3,065 lebih besar dari ttabel 1,987 dengan signifikansi 0,032 < 0,05. Lingkungan Teman Sebaya (X2) berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y) dengan nilai thitung sebesar 2,450 lebih besar dari ttabel 1,987 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Motivasi Belajar (X3) berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y) dengan nilai thitung sebesar 2,805 lebih besar dari ttabel 1,987 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,512, artinya persentasi sumbangan variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 51,2% dan sisanya sebesar 48,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.