PENGARUH STRUKTUR ASET, PROFITABILITAS, KEBIJAKAN HUTANG DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017 – 2019
Daftar Isi:
- Nilai perusahaan adalah kemampuan perusahaan dalam menggambarkan kondisi perusahannya melalui harga saham. Dimana harga saham yang tinggi mampu memaksimalkan nilai perusahaan. Sekarang ini investor menyakini bahwa saat melakukan analisis terhadap nilai perusahaan dianggap dapat memprediksi jumlah profit yang akan diterima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur aset, profitabilitas, kebijakan hutang dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan baik secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan data sekunder sebagai data utama. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2019. Metode pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan terdapat 28 perusahaan yang terpilih sebagai sampel penelitian dengan 84 data obseravasi selama tiga tahun. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan model regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur aset, profitabilitas dan kebijakan hutang mampu mempengaruhi nilai perusahaan sementara corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara simultan struktur aset, profitabilitas, kebijakan hutang dan corporate social responsibility berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Dalam penelitian ini variabel bebas memberikan kontribusi atau pengaruh sebesar 30,4% terhadap nilai perusahaan. Sedangkan sisanya 69,6% dipengaruh oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Simpulan dari penelitian ini menujukkan bahwa struktur aset, profitabilitas, kebijakan hutang, dan corporate social responsibility memberikan pengaruh terhadap nilai perusahaan.