Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah pemahaman mahasiswa menggunakan media pembelajaran E-learning, kreativitas dosen yang cenderung menggunakan metode ceramah, dan efektivitas belajar mahasiswa belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran E-learning, kreativitas dosen dan efektivitas belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan administrasi perkantoran Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Stambuk 2017 Universitas Negeri Medan yang berjumlah 58 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling, dimana jumlah populasi digunakan semua untuk dijadikan sampel dalam penelitian yaitu mahasiswa pendidikan administrasi perkantoran stambuk 2017 Universitas Negeri Medan. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melaui observasi, penyebaran angket dan dokumentasi. Uji validitas untuk analisis butir kuesioner ini menggunakan rumus korelasi Product Moment, reliabilitas dilakukan uji menggunakan cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah Uji Linieritas, Uji Multikolinieritas, analisis Regresi Linear Berganda, Uji T, Uji F, dan Uji Determinasi. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 25 menunjukkan bahwa hasil uji t (parsial) Media Pembelajaran E-Learning (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar mahasiswa (Y) dengan memperoleh nilai thitung > ttabel (2,229 > 1,67303), serta nilai signifikansi < 0,05 (0,030 < 0,05). Kemudian Kreativitas Dosen (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar mahasiswa (Y) dengn perolehan nilai thitung > ttabel (2,589 > 1,67303), serta nilai signifikansi < 0,05 (0,012 < 0,05), serta Efektivitas Belajar (X3) yang memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar (Y) dengan perolehan nilai thitung > ttabel (5,210 > 1,67303), serta nilai signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan perolehan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,425 atau 42,5% variabel X memperangaruhi variabel Y dan sisanya sebesar 57,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran E-Learning, Kreativitas Dosen dan Efektivitas Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar mahasiswa.