Pengemasan Tari Rapa’i Geleng Dalam Bentuk Modul Untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengemas tari Rapa’i Geleng menjadi bahan ajar berbentuk modul untuk siswa Sekolah Menengah Atas. Hasil pengemasan modul ini akan dipelajari dan diajarkan kepada siswa SMA kelas XI. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Cahyorini dan Rusfian (2011:28): “Pengemasan adalah kegiatan yang terdiri dari desain grafis, informasi produk serta struktur desain”. Rudi Susilana dan Cepi Riyana (2017:15): “Modul adalah suatu paket program yang disusun dalam bentuk satuan tertentu dan didesain sedemikian rupa guna kepentingan belajar siswa”. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara narasumber dan dokumentasi yang dilakukan dengan mengambil foto tari Rapa’i Geleng. Pengerjaan dalam penelitian ini adalah Laboraturium Program Studi Pendidikan Tari Universitas Negeri Medan. Penelitian ini menghasilkan produk bahan ajar berupa modul yang dikemas dengan prosedur pengemasan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Pengemasan bahan ajar dalam bentuk modul ini berisi Silabus, RPP dan Modul mengenai materi pembelajaran tari Rapa’i Geleng yang dapat digunakan oleh guru sebagai bahan ajar pada pembelajaran tari di Sekolah. Dalam pengemasan produk ini mendapatkan kategori sangat baik dengan rincian skor 4,66 dari uji validasi ahli materi, skor 4,6 dari uji validasi ahli media. Skor tersebut membuktikan bahwa modul pembelajaran tari Rapa’i Geleng ini sangat baik dijadikan bahan ajar oleh guru dalam pembelajaran tari pada siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas.