Analisis Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini memiliki batasan masalah yakni analisis kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Pura yang terdapat pada kompetensi dasar 3.17 dan 4.17 pada kelas X yaitu menganalisis unsur pembangun puisi dan menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung pura Tahun Pembelajaran 2020/2021. sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2020/2021. Untuk penelitian tersebut, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik slovin, seluruh siswa kelas X MIPA yang berjumlah 84 siswa, dilaksanakan semester genap, tepatnya pada tanggal 14 September 2020 dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes unjuk kerja (menulis puisi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menulis puisi siswa termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 70,6. berdasarkan aspek perwajahan dengan nilai rata-rata 74 termasuk dalam kategori cukup, diksi dengan nilai rata-rata 72,5 termasuk dalam kategori cukup, Citraan (imaji) dengan nilai rata-rata 73 termasuk dalam kategori cukup, kata konkret dengan nilai rata-rata 69 termasuk dalam kategori cukup, Gaya bahasa dengan nilai rata-rata 66 termasuk dalam kategori cukup, Rima/Irama dengan nilai rata-rata 71 masuk dalam kategori cukup. Berdasarkan tabel distribusi presentase nilai kemampuan menulis puisi siswa maka diketahui sebanyak 5 siswa (5,95%) berada pada rentang skor 86-100 termasuk dalam kategori sangat baik, 16 siswa (19,04%) berada pada rentang 76- 85 termasuk dalam kategori baik, 57 siswa (67,85%) berada pada rentang 56-75 termasuk dalam kategori cukup dan 6 siswa (7,14%) yang memiliki skor pada rentang 10-55 kategori kurang. Kemampuan menulis puisi siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tanjung Pura masuk pada kategori cukup, hal ini menjadi patokan guru untuk meningkatan kualitas dan efektivitas pembelajaran menulis, khususnya pembelajaran puisi pada aspek unsur-unsur pembangun puisi.