PENGARUH HASIL BELAJAR MATA KULIAH PROFESI KEPENDIDIKAN DAN PERSEPSI TENTANG KESEJAHTERAAN GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA ALUMNI DAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN STAMBUK 2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Hasil Belajar Mata Kuliah Profesi Kependidikan dan Persepsi tentang Kesejahteraan Guru Terhadap Minat Menjadi Guru. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNIMED Stambuk 2016 dengan jumlah sampel 42 orang mahasiswa tingkat akhir dan 40 orang alumni yang bekerja sebagai seorang guru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposiv Sampling dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket dan dokumentasi. Dari hasil analisis data dengan analisis regresi linear berganda pada mahasiswa diperoleh persamaan Y = 171,87 + 1.421 X1 + 0,416 X2, uji-t pada variabel (X1) diperoleh thitung > ttabel = (3,104 > 1,684) dan variabel (X2) diperoleh thitung > ttabel = (2,373 > 1,684), sedangkan uji-F memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (17,030 > 3,23). Selanjutnya koefisien determinasi diperoleh R square sebesar 0,640. Kemudian analisis regresi linear berganda pada alumni diperoleh persamaan Y = 62,112 + 0,130 X1 + 0,491 X2, uji-t pada variabel (X1) diperoleh thitung > ttabel = (3,475 > 1,687) dan variabel (X2) diperoleh thitung > ttabel = (4,927 > 1,687), sedangkan uji-F memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (27,898 > 3,24). Selanjutnya koefisien determinasi diperoleh R square sebesar 0,699. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa Hasil Belajar Mata Kuliah Profesi Kependidikan dan Persepsi tentang Kesejahteraan Guru memiliki pengaruh terhadap Minat Menjadi Guru Alumni dan Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.