Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya pola kelekatan orangtua, motivasi belajar, dan prestasi belajar siswa kelas XI AP SMK Negeri 7 Medan T.P 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami pengaruh pola kelekatan orangtua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan kelas XI AP SMK Negeri 7 Medan T.P 2020/2021. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan di Jl. STM No. 12, Sitirejo II, Kec. Medan Amplas, Kota Medan, Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK Negeri 7 Medan yang berjumlah 106 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa berjumlah 53 orang dengan proporsional adalah sebanyak 50% dari total populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan penyebaran kuesioner angket. Uji validitas untuk analisis butir kuesioner ini menggunakan rumus korelasi Product Moment, reliabilitas dilakukan uji menggunakan cronbach-alpha. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah Uji Normalitas, Uji Linieritas, Uji Multikolinieritas, analisis Regresi Linear Berganda, Uji T, Uji F, dan Uji Determinasi. Pengolahan data menggunakan program SPSS versi 21 menunjukkan hasil regresi berganda diperoleh Y = 37,210 + 0,349X_1 + 0,214X_2 + e. Hasil uji t (parsial) menunjukkan Pola Kelekatan Orangtua (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Kearsipan Siswa (Y) dengan perolehan nilai t_hitung 2,715 > t_tabel 2,008 dengan signifikan α 0,009 < 0,05. Kemudian Motivasi Belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Kearsipan Siswa (Y) dengan perolehan nilai t_hitung2,571 > t_tabel 2,008 dengan signifikan α 0,013 < 0,05. Dengan perolehan nilai koefisien determinasi (R^2) sebesar 0,295 atau 29,5% variabel X memengaruhi variabel Y dan sisanya sebesar 70,5% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Dari hasil penelitian maka dibuktikan bahwa Pola Kelekatan dan Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar kearsipan siswa.