Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun pembelajaran 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Untuk penelitian tersebut, diambil sampel 32 siswa melalui teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Intrumen penelitian yang digunakan adalah tes menulis teks persuasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan dalam menulis teks persuasi tergolong ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 72,96. Hasil ini diperoleh berdasarkan aspek penilaian berupa aspek pengenalan isu yang memperoleh nilai rata-rata (86,59) dengan kategori sangat baik, aspek rangkaian argumen memperoleh nilai rata-rata (59,5) dengan kategori cukup, aspek pernyataan ajakan memperoleh nilai rata-rata (85,53) dengan kategori baik, aspek penegasan kembali memperoleh nilai rata-rata (86,46) dengan kategori sangat baik, aspek konjungsi argumentatif memperoleh nilai rata-rata (79,68) dengan kategori baik, aspek kata bujukan memperoleh nilai (58,125) dengan kategori cukup, aspek kata istilah memperoleh nilai rata-rata (46,25%) dengan kategori kurang dan aspek kata kerja mental memperoleh nilai rata-rata (65,93%) dengan kategori cukup. Melalui penelitian ini diharapkan guru bahasa Indonesia dapat mengetahui kemampuan siswa terkhususnya dalam menulis teks persuasi. Setelah mengetahui kemampuan siswa maka, guru dapat lebih meningkatkan efektivitas pembelajajaran menulis teks persuasi.