Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui interaksi sosial siswa dan merumuskan program bimbingan dan konseling terkait interaksi sosial siswa di SMK Swasta Amir Hamzah Medan. Sampel pada penelitian ini adalah 110 orang siswa yang terdiri dari 3 jurusan yaitu jurusan administrasi perkantoran, akuntansi, dan teknik komputer jaringan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Total Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah angket interaksi sosial siswa yang diuji coba terlebih dahulu, kemudian hasil dianalisis menggunakan teknik pengolahan skor dan kategorisasi data. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan diketahui bahwa interaksi sosial siswa pada jurusan AP, AK, dan TKJ SMK Swasta Amir Hamzah Medan Tahun Ajaran 2019/2020 berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 31 siswa (29,18%), kategori tinggi sebanyak 16 siswa (14,54%), kategori sedang sebanyak 12 siswa (10,90%), kategori rendah sebanyak 23 siswa (20,90%), dan kategori sangat rendah sebanyak 28 siswa (26,54%). Berdasarkan jumlah persentase paling banyak pertama interaksi sosial siswa berada pada kategori sangat tinggi yaitu 29,18%, persentase paling banyak kedua berada pada kategori sangat rendah yaitu 26,54%. Berdasarkan data di atas, dirumuskan program bimbingan dan konseling yang memuat program tahunan, dan program semester terkait dengan bidang pribadi sosial siswa dengan sub bidang interaksi sosial siswa.