Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya persepsi negatif tentang organisasi di kalangan mahasiswa dan kemampuan komunikasi interpersonal mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Stambuk 2017 yang tergolong rendah sehingga membuat prestasi akademik mahasiswa rendah dan tidak stabil. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan berorganisasi dan kemampuan komunikasi interpersonal terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Admibistrasi Perkantoran Stambuk 2017. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling atau seluruh populasi penelitian yaitu sebanyak 59 orang mahasiswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan angket atau kuisioner. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi Software SPSS versi 24. Teknik analisis data yang digunakan antara lain: uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, Uji Heteroskedastisitas, analisis linear berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis yaitu : uji t dan uji F yang dilakukan menggunakan Software SPSS versi 24. Hasil perhitungan regresi linear berganda adalah Y = 39.633 + 0,301X1 + 0,307X2 dengan koefisien determinasi sebesar 46.2%. Sedangkan hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial Keaktifan Berorganisasi memiliki pengaruh yang positf dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa dengan nilai thitung > ttabel (2,902>1,672) pada taraf signifikansi 95% atau α = 0,05, komunikasi interpersonal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa dengan thitung > ttabel (2,725>1,672) pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05. Hasil uji F menunjukkan bahwa keaktifan Berorganisasi dan komunikasi interpersonal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa dengan nilai Fhitung > Ftabel (24,019>3,16) pada taraf signifikansi α 0,000 < 0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yakni terdapat pengaruh positif dan signifikan Keaktifan Berorganisasi dan Komunikasi Interpersonal terhadap prestasi akademik mahasiswa baik secara parsial dan simultan.