Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Team Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Pada Permainan Bola Voli Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Torgamba Tahun Ajaran 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) terhadap hasil belajar passing bawah pada permainan bola voli siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Torgamba Tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Metode Eksperimen dengan menggunakan tes dan pengukuran terhadap kemampuan siswa pada permainan bola voli. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Torgamba Tahun Ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 6 kelas dan Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-5 berjumlah 27 orang siswa yang dipilih secara (cluster random sampling,) yaitu pengambilan sample secara kelompok/ kelas. Instrumen penelitian ini berbentuk tes keterampilan tes untuk kerja (Portofolio). Dalam penelitian ini Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dengan menggunakan rumus Uji-t. Hasil penelitian pre-test menunjukan skor tertinggi 18 dan skor terendah adalah 13. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 15,89 dan nilai rata-rata 15,89 dan simpangan baku 1,58, dan pada hasil penelitian post-test menunjukan skor tertinggi 24 dan skor terendah 19 dan nilai rata-rata 21,74 dan simpangan baku 1,77.