ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI GUGUS V DI KECAMATAN PAKKAT T.A. 2020/2021
Daftar Isi:
- Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah kesulitan guru dalam melaksanakan pembelajaran daring selama masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesulitan guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 di SD Negeri Gugus V di Kecamatan Pakkat T.A. 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri Gugus V di Kecamatan Pakkat dengan sampel dalam penelitian ini adalah guru di SD Negeri Gugus V di Kecamatan Pakkat yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif-kuantitatif yang kemudian diinterpretasikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kesulitan guru dalam pembelajaran daring secara keseluruhan berada dalam kategori cukup sulit dengan persentase sebesar 85% sebanyak 28 responden. Sedangkan persentase tidak sulit hanya sebesar 6% sebanyak 2 responden; (2) aspek yang paling menyulitkan guru dalam melaksanakan daring adalah aspek teknologi dan karakteristik guru.