Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini yaitu guru cenderung mengunakan buku paket sebagai buku pegangan dan papan tulis dalam membelajarkan siswa, penggunaan media gambar tidak setiap hari digunakan oleh guru, media pembelajaran berbentuk miniatur manusia dan lingungan belum pernah digunakan oleh guru dan siswa dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran Miniatur Manusia dan Lingkungan pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Pembelajaran 2 pada siswa kelas V SDN 104206 Sei Rotan. (2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Miniatur Manusia dan Lingkungan pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Pembelajaran 2 pada siswa kelas V SDN 104206 Sei Rotan. Penelitian ini merupakan jenis peneilitian pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, And Evaluation. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu: ahli materi, ahli media, praktisi pendidikan (guru) dan 5 orang siswa sebagai sampel. Berdasakan hasil penelitian media pembelajaran miniatur manusia dan lingkungan yang telah dikembangakan diperoleh hasil oleh validasi ahli materi yaitu Bapak Fahrur Rozi, S.Pd.,M.Pd. pada tahap I memperoleh skor rata-rata 3,4 termasuk dalam kriteria “Cukup Baik” dengan tingkat kelayakan “Tidak Layak” pada tahap II dengan rata-rata 4,53 temasuk ke dalam kriteria “Sangat Baik” dengan tingkat kelayakan “Layak”. Validasi oleh ahli media yaitu Bapak Faisal, S.P.d., M.Pd. pada tahap I memperoleh skor rata-rata skor 4,56 termasuk dalam kriteria “Sangat Baik” dengan tingkat kelayakan “Layak”. pada tahap II memperoleh skor dengan rata-rata 4,68 temasuk ke dalam kategori “Sangat Baik” dengan tingkat kelayakan “Layak” dan validasi praktisi pendidikan (guru) oleh yaitu Ibu Esrin Hutasoit, S.Pd. memperoleh rata-rata 4,66 temasuk ke dalam kriteria “Sangat Baik” dengan tingkat kelayakan “Layak” untuk diujicobakan tanpa perbaikan/revisi. Sampel 5 siswa SD kelas V pada media pembelajaran miniatur manusia dan lingkungan yaitu jumlah hasil penilaian seluruh peserta didik 43 dengan jumlah skor maksimal 50 dengan persentase 86,00% termasuk dalam kriteria “Layak”. maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran miniatur manusia dan lingkungan layak digunakan saat proses belajar mengajar.