PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGI TERHADAP KINERJA GURU DI SD NEGERI 050656 STABAT KABUPATEN LANGKAT
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogi terhadap kinerja guru di SD Negeri 050656 Stabat Kabupaten Langkat. Jenis penelitian ini adalah survei deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 22 guru, 3 guru laki-laki dan 19 guru perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Angket yang dibagikan dibagi menjadi 2 jenis, yaitu angket kompetensi pedagogi dan angket kinerja guru. Berdasarkan analisis terhadap data kompetensi pedagogi diperoleh 19 guru atau 86,4% memiliki kategori baik dan 3 guru atau 13,6% memiliki kategori cukup. Berdasarkan analisis terhadap data kinerja guru diperoleh 20 guru atau 90,1% memiliki kategori baik dan 2 guru atau 9,9% memiliki kategori cukup. Tehnik analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis data dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis data dilakukan dengan uji normalitas dan uji linearitas. Berdasarkan hasil uji normalitas, kompetensi pedagogi memperoleh nilai sig 0,200 dan kinerja guru memperoleh nilai sig 0,187, dengan kriteria nilai sig > 0,05. Maka uji normalitas kompetensi pedagogi dan kinerja guru dengan keterangan normal. Berdasarkan uji linearitas diperoleh nilai sig 0,285, dengan kriteria nilai sig > 0,05. Maka uji linearitas kompetensi pedagogi dan kinerja dengan keterangan linear. Hasil analisis regresi sederhana dibuat dalam persamaan Y= 24,768+0,636. Berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 4,012 >1,720 dan nilai sig 0,001 yaitu nilai sig < 0,05. Hasil koefisien determinan adalah 0,446 yaitu kompetensi pedagogi mempengaruhi kinerja guru sebesar 44,6%. Dari hasil analisis uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi pedagogi dan kinerja guru di SD Negeri 050656 Stabat Kabupaten Langkat.