paya Meningkatkan Hasil Belajar Lari Sprint Melalui Pendekatan Saintifik dan Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Medan Tahun Ajaran 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint melalui pendekatan saintifik dan pendekatan bermain pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Model pembelajaran yang digunakan adalah penelitian dengan model Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar siklus I dan tes hasil belajar siklus II yang berbentuk fortopolio lari sprint sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis data maka diperoleh hasil: (1) Pada siklus I dari tes hasil belajar dapat dilihat bahwa dari 32 siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata 18 siswa (56,3%) yang sudah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan siswa yang berjumlah 14 (43,7%) belum mencapai ketuntasan belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh hanya mencapai 73,7. (2) Pada siklus II dapat dilihat bahwa dari 32 siswa, terdapat 28 siswa yang tuntas (87,5%) yang sudah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan siswa yang berjumlah 4 siswa yang tidak tuntas (12,5%) belum mencapai ketuntasan belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh mencapai 86,4. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat di simpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan saintifik dan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.