Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Smash dengan Menggunakan Variasi Pembelajaran Dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar smash pada siswa kelas VIII SMP N 13 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang yang akan diberikan tindakan berupa penerapan variasi pembelajaran untuk memperbaiki hasil belajar smash. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Berdasarkan data yang terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya: (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 16 orang siswa (47%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 18 orang siswa (53%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 80%. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 25 orang siswa (85%) yang telah mencapai ketuntasan belajar dan 9 orang siswa (15%) masih belum tuntas.Berdasarkan Hasil Analisis Data Dapat Disimpulkan Bahwa Melalui Variasi Pembelajaran Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Smash Pada Siswa Kelas VIII SMP N 13 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.