DESAIN KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH DASAR ERA DIGITAL

Main Author: Lubis, Wildansyah
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan , 2021
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/45317/2/PEER%20REVIEW.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/45317/1/Report.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/45317/
Daftar Isi:
  • Pada penelitian sebelumnya, tim pengusul menemukan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah di Sumatera Utara cenderung instruksional. Berdasarkan pandangan ahli, keadaan tersebut lahir dari natur karakteristik masyarakat Sumatera Utara khususnya Medan yang cenderung superior. Karenanya, alih-alih berupaya merubah konstruksi gaya kepemimpinan secara radikal, studi ini justru berupaya memaksimalkan kepemimpinan instruksional yang terpraktikkan di Medan dengan merubah arah instruksi pada aspek-aspek strategis. Menariknya, beberapa studi terdahulu telah mengindikasikan bahwa gaya kepemimpinan memang lebih sesuai untuk karakteristik organisasi pendidikan. Dengan demikian studi ini memiliki dasar teoritik yang cukup untuk mengeksplorasi anteseden-anteseden kunci yang mampu mengoptimasi kepemimpinan instruksional di sekolah dasar di Medan. Alasan pemilihan sekolah dasar karena sekolah dasar adalah instrumen fundamental dalam pembentuk generasi bangsa. Disamping itu, era digital telah mendisrupsi cara kerja berbagai organisasi termasuk sekolah. Sehingga fenomena itupun turut menjadi perhatian pada studi ini. Secara khusus studi ini bertujuan untuk 1) Mengeksplorasi model teoritik kepemimpinan instruksional teroptimasi kepala sekolah dasar di era digital; 2) Menguji coba model kepemimpinan instruksional teroptimasi kepala sekolah dasar di era digital; dan 3) Diseminasi model kepemimpinan instruksional teroptimasi kepala sekolah dasar di era digital. Tujuan penelitian tersebut direncanakan akan tercapai dalam tiga tahun dengan metode penelitian pengembangan. Luaran wajib yang ditargetkan dalam studi ini yakni publikasi artikel ilmiah pada Prosiding terindeks Scopus dan KI Hak Cipta atas laporan penelitian. Sementara luaran tambahan yang ditargetkan adalah model kepemimpian instruksional kepala sekolah di era digital. Urgensi riset ini terletak pada rekomendasi optimasi gaya kepemimpinan yang selama ini dipandang memiliki keterbatasan. Secara teoritik, optimasi tersebut dapat dilakukan dengan memaksimalkan fungsi organisasi dan memanfaatkan momentum ketersediaan teknologi. Studi ini memperkaya khasanah pengetahuan di bidang manajemen pendidikan berkonten lokal dengan pandangan global.