Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Partisipasi Komite Sekolah, Kinerja Guru, dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Sekolah Ramah Anak di SD Negeri Kabupaten Deli Serdang
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mengkaji: (1) pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap budaya sekolah; (2) pengaruh partisipasi komite sekolah terhadap budaya sekolah; (3) pengaruh kinerja guru terhadap budaya sekolah; (4) pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja sekolah ramah anak; (5) pengaruh partisipasi komite sekolah terhadap kinerja sekolah ramah anak; (6) pengaruh kinerja guru terhadap kinerja sekolah ramah anak dan (7) pengaruh budaya sekolah terhadap kinerja sekolah ramah anak. Penelitian dilakukan pada SD Negeri di Kabupaten Deli Serdang dengan 237 SD Negeri sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Teknik sampling menggunakan proporsional random sampling. Instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan kepada responden di luar sampel untuk mendapatkan instrumen valid dan reliabel. Uji validitas menggunakan korelasi product moment, sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan formula alpha crombach. Uji persyaratan analisis dengan uji normalitas data dan uji linieritas regresi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh langsung positif terhadap budaya sekolah dengan p41 = 0,301 sig. 0,000; (2) partisipasi komite sekolah berpengaruh langsung positif terhadap budaya sekolah dengan p42 = 0,174 sig. 0,004; (3) kinerja guru berpengaruh langsung positif terhadap budaya sekolah dengan p43 = 0,180 sig. 0,003; (4) kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh langsung positif terhadap kinerja sekolah ramah anak dengan p51 = 0,220 sig. 0,000; (5) partisipasi komite sekolah berpengaruh langsung positif terhadap kinerja sekolah ramah anak dengan p52 = 0,147 sig. 0,012; (6) kinerja guru berpengaruh langsung positif terhadap kinerja sekolah ramah anak dengan p53 = 0,179 sig. 0,002 dan (7) budaya sekolah berpengaruh langsung positif terhadap kinerja sekolah ramah anak dengan p54 = 0,245 sig. 0,000. Berdasarkan penerimaan hipotesis-hipotesis penelitian maka ditemukan fixed model yang menggambarkan hubungan kepemimpinan transformasional kepala sekolah, partisipasi komite sekolah, kinerja guru, budaya sekolah dan kinerja sekolah ramah anak pada SD Negeri di Kabupaten Deli Serdang. Secara umum kepemimpinan transformasional kepala sekolah, partisipasi komite sekolah, kinerja guru dan budaya sekolah mempengaruhi kinerja sekolah ramah anak sebesar 35,04% sedangkan sisanya ditentukan keadaan lain.