MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL SOMATIK, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU DI KELAS IV SDN 060877 MEDAN PERJUANGAN T.A 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Somatik, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) Berbantuan Media Audio Visual pada tema indahnya keragaman di negeriku di kelas IV SD Negeri 060877 Medan Perjuanagn T.A 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran Somatik, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) Berbantuan Media Audio Visual. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 27 orang yang terdiri dari 14 laki-laki dan 13 perempuan siswa di kelas IV SDN 060877 Medan Perjuangan T.A 2019/2020. Alat pengumpulan data adalah instrument soal dan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus persentase ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Somatik, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) Berbantuan Media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD. Dari hasil tes awal (Pre Test) diperoleh nilai rata-rata 42.11 dari jumlah siswa yang tuntas hanya 3 (11.11%) orang siswa dan yang belum tuntas 24 (88.89%) orang siswa. Setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 meningkat nilai rata-rata menjadi 66.67 yang tuntas 11 (40.74%) orang siswa dan yang belum tuntas 16 (59.26%) orang siswa. Tetapi setelah adanya perbaikan pada pelaksanaan di siklus II maka hasil yang diperoleh lebih meningkat dengan nilai rata-rata menjadi 82.11 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 25 (92.59%) orang siswa dan yang belum tuntas 2 (7.41%) orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, penggunaan model pembelajaran Somatik, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) Berbantuan Media Audio Visualini dapat meningkatkan hasil belajar siswa, juga membuat siswa lebih aktif, dan fokus ketika pembelajaran berlangsung sehingga hasil pembelajaran yang diperoleh siswa menjadi meningkat.