Survey Keterlaksanaan Pembelajaran Penjas Berdasarkan Struktur Pembelajaran Di Sd Negeri Se-Kecamatan Salak Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2019-2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana berjalannya struktur keterlaksaan pembelajaran pendidikan jasmani di SD Se-Kecamatan Salak Kabupaten Pakpak Bharat Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Se-Kecamatan salak kabupaten Pakpak Bharat dengan jumlah sekolah 7 sekolah, waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 18-29 November 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik survei, untuk mengetahui data dikumpulkan dengan observasi langsung menggunakan kuisioner angket berupa jenis angket tertutup. Angket terlebih dahulu diuji kevalidan/kelayakan oleh seorang ahli dari dosen Fakutas Ilmu Pendidikan yaitu bapak Wesly Silalahi. Hasil penelitian diperoleh dari 25 butir pernyataan untuk indikator pendahuluan, diperoleh persentase 81,42 % dengan kategori “Baik”. Untuk indikator inti pembelajaran, diperoleh persentase 86,22% dengan kategori “Sangat Baik’. Untuk indikator evaluasi pembelajaran diperoleh persentase 73,21 % dengan kategori “Baik’. Untuk indikator penutup, diperoleh hasil 65,17% dengan kategori “Cukup”. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulan bahwa Keterlaksanaan Pembeljaran Penjas Berdasarkan Struktur Pembelajaran di SD Negeri Se-kecamatan Salak Kabupaten Pakpak Bharat dikatan “Baik” dengan perolehan hasil 80,85%.