Analisis Pelaksanaan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Penjas Di SMP Negeri se-Kota Binjai Tahun 2019
Daftar Isi:
- Pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani masih menemui beberapa kendala. Kendala tersebut diantaranya minimnya sarana prasarana, latar belakang guru bukan dari Pendidikan Jasmani dan pemilihan materi yang tidak sesuai dengan kondisi. Penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMP Negeri se-Kota Binjai yang dilihat dari faktor perencaan pembelajaran, kegiatan mengamati dan menanya, mencoba, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Guru Pendidikan Jasmani SMP Negeri se-Kota Binjai yang berjumlah 20 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di SMP Negeri se-Kota Binjai. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dengan 29 butir pertanyaan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan Pendekatan Saintifik Dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMP Negeri se-Kota Binjai Tahun 2019 pada kategori tidak baik dengan presentase 15%, kategori kurang baik dengan presentase 15%, kategori cukup baik dengan presentase 15%, kategori baik dengan presentase 55% dan kategori sangat baik dengan presentase 0%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan pendekatan saintifik dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMP Negeri se-Kota Binjai Tahun 2019 dalam kategori baik, dengan presentase 55%.