Daftar Isi:
  • Masalah penelitian ini adalah kesulitan siswa kelas X MAN 2 Model Medan ketika mengonstruksi teks negosiasi yang sesuai dengan ajaran Islam karena ketiadaan bahan ajar yang mendukung karakteristik siswa yang islami. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) proses pengembangan modul teks negosiasi jual beli berbasis Al-Qur’an dan Hadis, (2) kelayakan modul teks negosiasi jual beli berbasis Al-Qur’an dan Hadis, dan (3) keefektifan modul teks negosiasi jual beli berbasis Al-Qur’an dan Hadis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg ‘n Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono, terdiri atas 10 langkah, yaitu penemuan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi, revisi produk, ujicoba produk, revisi, ujicoba lapangan terbatas, revisi, dan produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan menghasilkan produk berupa modul teks negosiasi yang diintegrasikan dengan ayat Al-Qur’an dan Hadis, (2) modul teks negosiasi berbasis Al-Qur’an dan Hadis yang dikembangkan sudah layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli materi sebesar 93,61%, validasi ahli desain sebesar 76,34%, dan validasi ahli agama sebesar 94,53%, (3) modul teks negosiasi berbasis Al-Qur’an dan Hadis siswa kelas X MAN 2 Model Medan dinyatakan efektif digunakan berdasarkan hasil pretes dan postes. Keefektifan modul dianalisis melalui uji gain dengan perolehan nilai rata-rata indeks gain sebesar 0,43 dengan kriteria keefektifan sedang. Dengan demikian, modul teks negosiasi berbasis Al-Qur’an dan Hadis siswa kelas X MAN 2 Model Medan yang telah dikembangkan dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.