Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses pengembangan bahan ajar teks prosedur bertema kuliner tradisional Medan pada siswa kelas VII MTs. Aisyiyah Sumatera Utara, (2) kelayakan bahan ajar teks prosedur bertema kuliner tradisional Medan yang dikembangkan pada siswa kelas VII MTs. Aisyiyah Sumatera Utara, (3) keefektifan bahan ajar teks prosedur bertema kuliner tradisional Medan yang dikembangkan pada siswa kelas VII MTs. Aisyiyah Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan tes tertulis berbentuk uraian pada materi teks prosedur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan bahan ajar dilakukan dengan 10 tahapan yang berlangsung dengan baik, (2) kelayakan bahan ajar berupa modul yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan berdasarkan validasi ahli materi dan ahli desain. Ahli materi meliputi aspek kelayakan isi/materi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa dan kesesuain tema kuliner tradisional Medan dengan rata-rata 92,95% dengan kriteria sangat baik. Ahli desain meliputi aspek kelayakan kegrafikaan dan kesesuain tema kuliner tradisional Medan dengan rata-rata 88,92% dengan kriteria sangat baik. Uji coba perorangan dengan rata-rata 90,02% dengan kriteria sangat baik. Uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 92,64% dengan kriteria sangat baik. Uji coba lapangan terbatas dengan rata-rata 94,45% dengan kriteria sangat baik, (3) keefektifan bahan ajar teks prosedur bertema kuliner tradisional Medan ini menunjukkan peningkatan sebesar 17,21% dari hasil pretes 65,71% menjadi hasil postes 82,92%. Keseluruhan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar teks prosedur bertema kuliner tradisional Medan dinyatakan telah layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.