Pengaruh Teknik Pembelajaran Akrostik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gebang Tahun Pembelajaran 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Teknik Pembelajaran Akrostik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gebang Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Gebang Tahun Pembelajaran 2019/2020. Sampel yang diambil adalah kelas X MIPA 4 berjumlah 34 siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen dan penelitian deskriptif dengan tipe tes awal – tes akhir kelompok tunggal (the one group pre-test-post-test). Nilai rata-rata pre-test siswa yaitu sebesar 64,35 dengan kategori cukup dan tidak memenuhi KKM yang ditentukan pihak sekolah yaitu sebesar 75, sedangkan nilai rata-rata post-test siswa yaitu sebesar 85,50 dengan kategori sangat baik dan telah memenuhi KKM. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh data bahwa berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas Lhitung < Ltabel pada taraf signifikan, hasil uji normalitas data pre-test adalah (0,097 < 0,152), hasil uji normalitas data post-test adalah (0,104 < 0,152). Hasil uji homogenitas kemampuan menulis puisi siswa adalah Fhitung < Ftabel yakni 3,11 < 4,15 dan uji hipotesis thitung > ttabel yaitu 10,84 > 2,035 sehingga hipotesis hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa teknik pembelajaran akrostik memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Gebang tahun pembelajaran 2019/2020.